BisnisZone Featured

Apel Bulan K3 Nasional 2020 di PLN UP3 Sibolga

Sibolga | Kantor PT PLN UP3 Sibolga menggelar apel Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional 2020, di lapangan upacara Kantor PLN UP3 Sibolga, di Jalan Ferdinand Lumbantobing, Sibolga Selasa (4/2/2020).

Manajer PLN UP3 Sibolga, Denny Fitrianto, pembina apel membacakan sambutan Menaker RI, bahwa penerapan K3 ditujukan agar dalam pelaksanaan kerja tidak terjadi kecelakaan dan penyakit akibat kerja, sehingga diperlukan strategi pengendalian yang lebih efektif, efisien dan inovatif.

“Pemerintah mengajak seluruh pemangku kepentingan baik pengusaha, serikat pekerja, pekerja dan masyarakat untuk terus meningkatkan pengawasan dan kesadaran pentingnya K3,” katanya.

Berdasarkan data BPJS Ketenagakerjaan 2018, terkait keselamatan kerja, telah terjadi 157.313 kasus kecelakaan kerja, dan sepanjang Januari-September 2019, terdapat 130.923 kasus.

“Data tersebut menunjukkan penurunan kasus kecelakaan kerja sebesar 26,40 persen,” katanya.

Dia menambahkan, kecelakaan kerja tidak hanya menyebabkan kematian, kerugian materi, moril dan pencemaran lingkungan, namun juga dapat mempengaruhi produktivitas dan kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA:  PLN Sibolga: Tak Ada Pemadaman Selama Natal dan Tahun Baru

UU Nomor 1/1970, tentang keselamatan kerja mengatur pelaksanaan K3 yang bertujuan agar tenaga kerja dan orang lain yang berada di tempat kerja terjamin keselamatannya.

“Undang-undang ini telah menghadapi tantangan baru. Salah satunya revolusi industri, di mana dalam menghadapi revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan adanya inovasi, otomatisasi, super computer, artificial intelligence dan fleksibilitas pola kerja yang telah membawa perubahan ekonomi berbasis digital,” katanya.

Usai apel, dilaksanakan game K3, berupa perlombaan keterampilan pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) oleh pasukan Yantek, masing-masing dari ULP Sibolga Kota, ULP Porsea, ULP Balige, ULP Siborongborong, ULP Doloksanggul, ULP Tarutung dan ULP Barus.

Acaranya dilanjut penyerahan hadiah kepada 3 pemenang lomba oleh Manajer UP3 Sibolga, didampingi manajer Yantek Zona I, Martin Manalu, manajer bagian, manajer ULP, teknik dan pejabat pelaksana K3L ULP.

penulis: put

editor: wan

Tags
Back to top button
Close