BisnisZone Featured

Pekan QRIS Nasional 2020 di Sibolga Ditandai Pemeriksaan Virus Corona

Sibolga | Serangan virus Corona atau COVID-19 tak mengurangi semangat dan keseruan kaum milenial menyemarakkan Pekan QRIS Nasional 2020 di Lapangan Simaremare, Kota Sibolga, Minggu (15/3/2020).

Namun, sebelum masuk lapangan, semua pengunjung menjalani pemeriksaan pengukuran suhu tubuh menggunakan thermal scanner dan pemberian cairan pencuci tangan (hand sanitizer).

Ini sebagai bentuk kewaspadaan Bank Indonesia (BI) Sibolga selaku penyelenggara kegiatan terhadap penyebaran virus Corona atau COVID-19 di Kota Sibolga.

Untuk menyemarakkan Pekan QRIS Nasional 2020 ini, BI Sibolga menghadirkan artis ibu kota Virza; dan juga pelawak asal Kota Medan, Mamak Gardam dan Ucok.

Gelaran ini merupakan bagian sosialisasi BI Sibolga menggalakkan transaksi nontunai dengan QRIS di wilayah kerja BI Sibolga.

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Sibolga, Suti Masniari Nasution, berharap roadshow, talkshow dan sosialisasi QRIS yang dilakukan pihaknya di berbagai tempat selama ini membuahkan hasil yang baik.

BACA JUGA:  Wartawan Mitra Strategis Bank Indonesia

Masyarakat teredukasi dan mengerti bagaimana pentingnya sistem pembayaran secara nontunai dalam mendongkrak perekonomian.

“Karena begitu banyak risiko ketika bertransaksi menggunakan uang tunai, seperti peredaran uang palsu dan pencurian, bahkan pengembalian uang yang diganti permen oleh merchant atau pedagang,” kata Suti Masniari Nasution.

QRIS merupakan bagian dari mekanisme sistem pembayaran yang dikembangkan BI untuk menjawab tantangan inovasi teknologi. Sekaligus juga merupakan upaya untuk mendorong efisiensi di bidang perekonomian.

Caranya sangat mudah, pindai (scan) QR Code yang sudah distandarkan BI, dengan aplikasi dompet elektronik (e-Wallet) seperti LinkAja, OVO, GoPay, DANA dan lainnya, yang terpasang pada ponsel. Transaksi pun langsung terjadi seketika.

penulis: dody
editor: wan

Tags
Back to top button
Close