Bisnis

Gelontorkan 154,5 Ton Bibit Jagung ke Petani, Nikson: Mari Kita Bermimpi dan Berusaha

Tapanuli Utara | Bupati Taput, Nikson Nababan, menggelontorkan bantuan 154,5 ton bibit jagung kepada 477 kelompok tani (Poktan) yang tersebar di 11 kecamatan di Taput. Acaranya diwarnai penanaman perdana di Desa Hutaraja, Kecamatan Sipoholon, Selasa (19/5/2020).

Menurut Nikson, menghadapi masa sulit di tengah pandemi corona saat ini, sektor pertanian dan peternakan harus dipersiapkan untuk menjaga stabilitas ketahanan pangan.

“Kita harus mampu berimprovisasi dan kreatif. Sektor ini menjadi garda terdepan untuk menjaga ketahanan pangan. Seluruh petugas pertanian harus banyak inovasi dan bergerak ke bawah, agar petani semakin giat,” ungkap Nikson.

Kerjakan apa yang bisa dikerjakan pada area yang dimiliki, harus diupayakan demi menjaga ketersediaan kebutuhan sembilan bahan pokok.

“Semangat seluruh komponen sudah ada, harus disikapi dengan perencanaan pertanian yang baik untuk pengembangan pertanian kita. Kepada PPL harus kerja keras untuk meraih peningkatan yang signifikan. Kelompok tani juga harus beternak,” ujarnya.

BACA JUGA:  Ringroad Silangit Diberi Nama Jalan Ir Soekarno

Nikson menjelaskan, strategi pengembangan pertanian dan peternakan harus memiliki perencanaan yang bagus, mulai lokasi, musim tanam dan pola tanam yang didukung penuh dengan mekanisasi.

Termasuk pertimbangan ketika musim panen suatu komoditi pertanian anjlok harganya. Maka harus diperkirakan dengan baik, sehingga tidak merugikan petani.

Bila perencanaan ini sudah baik, Pemkab akan mendukung mekanisasinya. Syaratnya, harus ada perencanaan yang matang, agar dana yang digelontorkan tidak sia-sia.

“Masyarakat dan pemerintah harus bergandengan tangan untuk Tapanuli Utara. Mari kita bermimpi dan berusaha. Bila ada keinginan, pasti bisa tercapai,” tegasnya.

Kadis Pertanian, SEY Pasaribu melaporkan, pemberian bantuan benih jagung ini sebagai upaya peningkatan ketahanan pangan, sesuai program kementerian pertanian.

Bantuan 154,5 ton benih jagung varietas Betras 1 dan HJ21 Agritan ini diberikan kepada 477 kelompok tani dengan total luas lahan 10.300 hektar.

editor: juniwan

Tags
Back to top button
Close