Dukungan WhatsApp di Banyak Perangkat Segera Bisa Dijajal

Dukungan WhatsApp di Banyak Perangkat Segera Bisa Dijajal
Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay)

Tapanuli Today | Fitur dukungan multi-perangkat WhatsApp sudah memasuki tahap akhir dan siap untuk pengujian beta publik. Fungsi yang dinantikan ini diperkirakan segera diluncurkan untuk semua pengguna.

Dalam beberapa bulan ini WhatsApp memang sedang menggarap fungsi multi-perangkat. Fitur ini nantinya memungkinkan penggunaan satu akun WhatsApp di beberapa perangkat.

Sebelumnya juga sudah beredar bocoran fungsi multi-perangkat WhatsApp melalui screenshot yang dibagikan WABetaInfo.

Kabar terbaru menyebutkan, WhatsApp sedang mempersiapkan untuk pengaktifan fitur ini untuk penguji beta publiknya. Jadi, pengguna yang menggunakan program beta publik WhatsApp akan segera bisa menjajalnya.

Sayangnya, seperti dikutip dari WABetaInfo, tidak ada informasi kapan WhatsApp akan meluncurkan fitur ini untuk semua pengguna.

Tapi jika melihat dari kebiasaaan, jarak waktu dari ketersediaan beta publik ke semua pengguna seharusnya tidak lama lagi.

WABetaInfo juga membagikan beberapa detail lebih lanjut tentang apa sebenarnya fitur ini. Fitur ini memungkinkan pengguna menggunakan akun WhatsApp yang sama di empat perangkat berbeda secara bersamaan.

“Fungsi ini tidak mengharuskan perangkat utama Anda memiliki koneksi internet aktif seperti halnya dengan WhatsApp Web. Jadi, meskipun ponsel utama mati, Anda masih dapat menggunakan akun WhatsApp di web atau perangkat lain,” tulis WABetaInfo seperti dilihat Senin (21/9/2020).

WhatsApp juga akan meluncurkan UI baru pada versi desktopnya untuk fitur dukungan multi-perangkat ini. Di aplikasi, fitur tersebut akan tersedia di “Perangkat Tertaut” atau “Linked Devices”.

Di sini, pengguna dapat menautkan akun WhatsApp ke perangkat baru, dan mereka akan melihat daftar perangkat yang ditautkan. Ini mirip dengan antarmuka WhatsApp Web Desktop di aplikasi.

Selain itu ada juga opsi “Multi-perangkat Beta” yang dapat diaktifkan atau dinonaktifkan untuk mencoba fitur tersebut. Disebutkan pula bahwa tidak semua fitur akan tersedia pada dukungan multi-perangkat.

WABetaInfo mencatat, fitur-fitur seperti sinkronisasi riwayat chat, membintangi (starring)/mengirim pesan, dan mematikan obrolan pun tersedia.

WhatsApp saat ini sedang menguji fitur tersebut di aplikasi Android-nya. Belum ada informasi mengenai kehadirannya di iOS, tetapi sepertinya segera menyusul ketersediaannya.

Source: detikcom