Khalid Walid: Bisa Jadi Pasangan Jamal-Pantas Duluan Ditetapkan Calon

Khalid Walid: Bisa Jadi Pasangan Jamal-Pantas Duluan Ditetapkan Calon
Ketua KPU Sibolga, Khalid Walid. (putma suryadi)

Sibolga | Ketua KPU Sibolga, Khalid Walid menyampaikan, saat ini pihaknya bersama Bawaslu sedang mendampingi pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon kepala daerah di RSU Adam Malik, Medan.

Pemeriksaan kesehatan bapaslon kepala daerah ini meliputi, tes kesehatan jasmani dan rohani dilanjutkan pemeriksaan tes narkoba dan pemeriksaan psikologi.

“Untuk saat ini, pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon kepala daerah hanya diikuti oleh pasangan Jamaludin Pohan dan Pantas Maruba Lumbantobing, setelah keduanya dinyatakan sembuh dari Covid-19,” ungkap Khalid Walid kepada wartawan di Medan, Jumat (18/9/2020).

Hal itu sebagaimana hasil pemeriksaan swab, dan telah diserahkan kepada KPU Sibolga, bahwa Jamaluddin Pohan dan Pantas Maruba Lumbantobing, negatif covid-19.

“Sedangkan dua bapaslon lagi, yakni bapaslon Bahdin Nur Tanjung-Edi Polo Sitanggang dan Ahmad Sulhan Sitompul-Edward Siahaan, belum menunjukkan hasil swab yang negatif,” kata Khalid Walid.

Khalid Walid menambahkan, dengan pemeriksaan kesehatan terhadap bapaslon Jamal-Pantas ini, maka berlanjutlah tahapan Pilkada kepada keduanya.

“Karena baru pasangan Jamal-Pantas yang menjalani tes kesehatan, maka pasangan Jamal-Pantas yang bisa lanjut ke tahap berikutnya. Sedangkan terhadap dua bapaslon lagi, harus menunggu hasil swab yang negatif,” terang Khalid Walid.

Apabila sampai waktu yang ditentukan sesuai PKPU, kedua bapaslon tersebut belum menunjukkan hasil swab (negatif covid-19), bisa jadi pasangan Jamal-Pantas yang akan duluan ditetapkan sebagai calon, setelah seluruh tahapan proses pendaftaran dilaksanakan.

Hanya 4 komisioner KPU Sibolga yang mendampingi tes pemeriksaan kesehatan bapaslon kepala daerah di antaranya, Khalid Walid; Salmon Tambunan; Asa Dame Simanjuntak; Afwan Nasution.

Sedangkan seorang komisioner lainnya berinsial AH, tidak ikut karena sedang menjalani isolasi mandiri setelah dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Ketua Bawaslu, Zulkifli Sigalingging juga ikut mendampingi pelaksanaan tes pemeriksaan kesehatan bapaslon kepala daerah di RSU Adam Malik, Medan.

Editor: Juniwan