Kulineran di Batam, Manjakan Lidahmu dengan 6 Jenis Makanan Khas Ini

Kulineran di Batam, Manjakan Lidahmu dengan 6 Jenis Makanan Khas Ini
Ilustrasi Luti Gendang khas Batam. (dok/detikcom)

Batam | Setiap daerah di Indonesia mempunyai cita rasa kuliner beragam, unik, dan punya ciri khas sendiri. Tidak hanya sebagai pengisi perut, kuliner daerah merupakan wujud representasi atas budaya setempat.

Begitu pun dengan makanan khas Kota Batam. Tak cuma terkenal sebagai pusat belanja dan transit semata, ternyata kota ini menyimpan kuliner khas yang tidak boleh Anda lewatkan.

Kota Batam mempunyai perpaduan budaya Indonesia, Melayu, dan Tiongkok yang cukup kuat. Bagi kamu yang berkunjung ke Batam, kamu wajib memanjakan lidahmu dengan makanan khas Batam yang lezat dan ramah di kantong.

Penasaran? Batam Tourism Polytechnic (BTP), salah satu politeknik swasta terbaik di bidang pariwisata yang berbasis di Batam, Kepulauan Riau, telah merangkum daftarnya buat kamu lho!

Berikut ini rangkumannya:

1. Mie Lendir

Seperti namanya, mie lendir merupakan hidangan berbahan dasar mie kuning dengan kuah kacang berwarna coklat.

Hidangan ini disebut mie lendir karena tekstur kuahnya yang cukup kental yang dihasilkan dari campuran tepung kanji.

Mie lendir biasanya dilengkapi berbagai komponen, seperti tauge, telur rebus, potongan cabai hijau, irisan daun seledri, dan bawang goreng.

Hidangan ini merupakan salah satu menu sarapan di Batam dengan harga yang sangat terjangkau mulai Rp10.000 per porsinya.

2. Mie Sagu

Layaknya hidangan buatan rumah, mie sagu ini juga bisa jadi pilihan yang tepat saat berkunjung ke Batam.

Mie ini berbahan dasar tepung sagu dengan ukuran yang lebih besar dan teksturnya yang lebih kenyal.

Dilengkapi dengan tauge, telur, bakso ikan, udang, dan potongan ikan, menu ini bisa kamu nikmati dalam versi goreng maupun kuah.

3. Bingka Bakar

Bingka, biasa dikenal dengan sebutan Bika, adalah kue manis khas Melayu yang menjadi salah satu hidangan khas Batam.

Seperti namanya, Bingka Bakar dimasak dengan cara dipanggang dan memiliki bentuk seperti bunga mekar.

Saat menikmati Bingka Bakar, kamu akan mencium aroma daun pandan yang sebelumnya telah dicampur ke dalam adonan.

Meski begitu, kini tersedia pula berbagai varian rasa lainnya, seperti keju, coklat, dan wijen. Dengan tekstur yang lembut dan rasanya yang manis, Bingka Bakar dapat menjadi camilan yang lezat atau oleh-oleh saat berkunjung ke Batam.

4. Luti Gendang

Luti Gendang merupakan roti lezat yang dibuat dari olahan tepung terigu dilengkapi dengan berbagai komponen isian, seperti ikan tongkol, ayam, dan bumbu pelengkap.

Istilah ‘Luti’ sendiri berasal dari dialek masyarakat Tionghoa yang kerap menyebutkan ‘roti’ sebagai ‘luti’. Sementara itu, kata ‘gendang’ berasal dari bahasa Tarempa yang artinya digoreng.

Roti yang satu ini cocok dinikmati bersama kopi atau teh saat pagi dan sore hari. Selain itu, kamu juga dapat menjadikan camilan ini sebagai buah tangan untuk keluarga dan teman-teman.

5. Bilis Molen

Kamu pasti sudah tidak asing lagi kan dengan pisang molen? Nah, di Batam ada kreasi molen yang unik dan berbeda, yaitu molen berisikan ikan teri.

Dengan rasa gurih dan manis, molen ini mempunyai tekstur yang crispy. Bilis molen biasanya dibuat dengan ukuran sebesar jempol atau seperti molen mini pada umumnya.

Camilan satu ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk menemani waktu santai bersama kopi atau teh. Bahkan, bisa juga dijadikan lauk pendamping nasi juga, lho!

6. Putu Piring

Putu piring adalah jenis kue yang terbuat dari tepung beras yang menawarkan cita rasa manis bercampur gurihnya parutan kelapa.

Penganan khas Melayu ini dibuat dengan cara uap dalam waktu yang tergolong cepat, yaitu sekitar dua menit saja.

Secara umum, bahan dan rasa putu piring hampir sama dengan kue putu pada umumnya. Namun kue yang satu ini memiliki bentuk yang cukup unik, yaitu berbentuk bulat pipih menyerupai piring dengan warna kuning cerah. Uniknya lagi, warna kuning tersebut didapatkan dari bahan alami, yaitu kunyit.

Itulah beberapa kuliner khas Batam yang bisa kamu coba saat berkunjung ke kota ini. Dengan perpaduan budaya yang cukup kuat, kamu akan mendapatkan pengalaman kuliner yang tak akan kamu temukan di kota lainnya.

Editor: Juniwan

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik di sudut kanan bawah artikel ini >>>