Kuliner

RESEP: Segarnya Es Bubur Sumsum, Bikin Ngiler!

Tapanuli Today | Saat cuaca terik di siang hari, paling enak minum yang dingin-dingin supaya segar. Salah satu minuman dingin yang bisa dinikmati adalah es bubur sumsum atau es loder.

Sayangnya, pedagang es ini kadang sulit ditemui. Padahal, hanya dengan membayangkan campuran es dingin, rasa manis dan gurihnya bubur sumsum sudah bisa bikin ngiler.

Nah, bagi kamu yang ingin membuatnya sendiri di rumah, Devisulastri berbagi resepnya di Cookpad.

Cara membuatnya memang cukup ribet karena kamu perlu membuat bubur, biji salak hingga kuahnya. Tapi usahamu bakal terbayar lunas jika sudah mencicipi kesegarannya berpadu dengan bubur yang lembut, serta manis dan gurihnya kuah. Berikut ini resepnya.

Bahan:

Bubur atau lapis:
-1 bungkus tepung Hun Kwe
-65 mililiter (ml) santan (1 bungkus) yang sudah dicampur air 85 ml menjadi 150 ml
-500 ml air
-2 lembar daun pandan hancurkan

Biji salak:
-1/4 kg ubi jalar
-3 sendok makan tepung tapioka

Kuah santan:
-2 iris daun pandan
-sejumput garam
-400 ml santan

BACA JUGA:  RESEP: Roti Sobek Pandan Kukus

Kuah gula merah:
-1/4 kg gula merah aren
-gula putih secukupnya
-2 gelas air
-sagu mutiara secukupnya
-es batu secukupnya

Cara membuat:

  1. Cara membuat bubur: campurkan 150 ml santan dengan tepung Hun Kwe aduk rata, sisihkan. Didihkan 500 ml air beserta daun pandan yang telah disaring, lalu tambahkan larutan tepung Hun Kwe masak hingga meletup-letup sambil terus diaduk. Dinginkan.
  2. Cara membuat biji salak: rebus ubi hingga matang, lalu haluskan ubi campur dengan tapioka sampai adonan bisa dipulung. Bulat-bulatkan, rebus dalam air mendidih hingga matang mengapung.
  3. Cara membuat kuah santan: didihkan santan dengan garam, dan daun pandan sambil terus diaduk sampai mendidih agar tidak pecah. Sisihkan.
  4. Cara membuat kuah gula merah: didihkan gula merah, gula putih dan air hingga larut dan mengental.
  5. Masukkan dalam mangkuk, bubur yang sudah diserut menggunakan sendok, biji salak, sagu mutiara, es batu, lalu siram dengan kuah santan dan kuah gula. Sajikan

(viva)

Tags
Back to top button
Close