PolitikSibolga2020

Pilkada Sibolga 2020, Bawaslu: Panwascam dan PKD sudah Dilantik

Sibolga | Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Sibolga, Zulkifli Sigalingging mengungkapkan, pihaknya telah siap bekerja untuk melakukan pengawasan terhadap setiap tahapan dan kegiatan pada Pilkada 2020.

Bahkan, Bawaslu Sibolga telah selesai membentuk dan melantik Pantia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan juga Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) se Kota Sibolga.

Hal itu disampaikan Zulkifli Sigalingging, ketika bersilaturahmi dan koordinasi dengan Kapolres Sibolga, AKBP Triyadi, dan jajarannya, di ruang PDDO Polres Sibolga, Selasa (9/6/2020).

Koordinasi ini terkait rencana persiapan pelaksanaan lanjutan tahapan Pilkada Sibolga, pada bulan Juni 2020, di masa pandemi COVID-19.

“Namun, kami akan tetap memverifikasi kembali, terkait keterlibatan Panwascam dan PKD se Kota Sibolga di partai politik (Parpol) dan pasangan bakal calon (Balon) tertentu,” ungkap Zulkifli Sigalingging.

Di kesempatan itu, Zulkifli menegaskan, Bawaslu Kota Sibolga tidak mengajukan tambahan anggaran dalam bentuk dana, melainkan dalam bentuk barang berupa alat pelindung diri (APD).

BACA JUGA:  Siap-siap! KPU Sibolga Rekrut PPK

Yakni, pengajuan pengadaan APD untuk seluruh personil Bawaslu, Panwascam, serta PKD pada pelaksanaan Pilkada 2020.

“Total anggarannya kurang lebih Rp260 juta,” kata Zulkifli.

Kapolres Sibolga, AKBP Triyadi mengharapkan, Bawaslu bekerja dengan benar dan menjunjung tinggi netralitas dalam mengawasi setiap kegiatan dan tahapan Pilkada 2020.

Diharapkan juga, agar badan adhoc yang ada di Bawaslu benar-benar diverifikasi ulang untuk mengantisipasi keterlibatan dengan parpol dan pasangan balon tertentu.

Dia berharap, Bawaslu yang tergabung dalam Gakkumdu tetap bekerja sesuai aturan yang berlaku dan tetap berkoordinasi baik dengan Polres Sibolga.

“Supaya, setiap pelaksanaan tahapan Pilkada 2020 berjalan aman, tertib dan lancar,” tutur Triyadi.

Penulis: putma
Editor: juniwan

Tags
Back to top button
Close