PolitikSibolga2020

Menuju Pilkada Sibolga, KPU dan Bawaslu Diminta Profesional Loloskan Calon Perseorangan

Sibolga | Ketua DPRD Kota Sibolga, Akhmad Syukri Nazri Penarik, meminta penyelenggara Pilkada, yakni KPU dan juga Bawaslu bekerja profesional dan netral dalam meloloskan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Sibolga yang maju melalui jalur perseorangan.

“Kita minta dukungan kepada balon perseorangan itu betul-betul dilihat dan diteliti, apakah benar dukungan dari masyarakat. Jangan pula ada nanti, KTP-nya entah dari mana didapat, dan tanda tangannya dipalsukan,” tegas Akhmad Syukri kepada wartawan di Sibolga, Senin (22/6/2020).

Artinya, bila balon perseorangan itu mendapat dukungan masyarakat, KTP-nya asli, tanda tangannya juga asli, dan sudah sesuai dengan peraturan, maka harus diloloskan.

“Tetapi, bila balon perseorangan itu, sebanyak apapun KTP dan dukungannya, kalau itu data yang dipalsukan, maka kami minta KPU dan Bawaslu Kota Sibolga untuk tidak segan-segan menggagalkan,” ujar Akhmad Syukri.

Menurut Akhmad Syukri, DPRD Kota Sibolga akan mempertanyakan proses verifikasi yang dilakukan KPU Kota Sibolga. Bila nanti ditemukan kecurangan, pihaknya akan menempuh jalur hukum.

BACA JUGA:  Mendaftar Calon Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Diantar Ratusan Pendukungnya

“Kalau penyelenggara pemilu tidak bekerja profesional dan tidak sesuai dengan ketentuan, akan kita lapor ke DKPP atau ke pihak yang berwajib,” tegas dia.

Pihaknya tidak ingin ada masyarakat Kota Sibolga yang benar-benar mendukung paslon perseorangan, tapi namanya dihapus.

Sebaliknya, ada masyarakat yang tidak memberi dukungan, dan tidak memberikan tanda tangan, tetapi namanya dicantumkan mendukung paslon perseorangan.

“Kita ingin Pilkada Sibolga yang damai, jangan ada nanti permasalahan di belakangan hari setelah meloloskan calon perseorangan,” Akhmad Syukri menambahkan.

Terpisah, Ketua Bawaslu Sibolga, Zulkifli Sigalingging mengapresiasi atensi dan saran yang disampaikan ketua DPRD Sibolga tersebut kepada lembaganya.

Dia menjelaskan, KPU Kota Sibolga akan melaksanakan tahapan verifikasi faktual bagi balon perseorangan, pada Rabu, 24 Juni 2020.

“Tentunya, kami siap bekerja profesional, sesuai aturan dan undang-undang dalam melakukan tugas pengawasan,” kata Zulkifli.

penulis: haris

editor: juniwan

Tags
Back to top button
Close