TapanuliZone Featured

2 Petugas Puskesmas di Taput Positif Covid-19

Tapanuli Utara | Sekdakab Taput, Indra Simaremare yang juga Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Tapanuli Utara, mengungkapkan hasil tracing tenaga medis yang positif rapid test, dilanjutkan swab test yang kemudian diuji di laboratorium RSU USU.

“Hasil test 59 sample tersebut dinyatakan negatif oleh laboratorium RSU USU,” terang Indra Simaremare dalam siaran pers dikutip, Rabu (20/5/2020).

Kemudian, pada Selasa (19/5/2020), pihaknya menerima hasil uji laboratorium untuk 2 orang petugas Puskesmas Situmeang Habinsaran dan dinyatakan positif Covid-19.

“Samplenya kita kirim ke provinsi pada tanggal 9 Mei 2020 lalu. Dapat kami tambahkan, bahwa kedua orang tersebut sudah dirawat di RSU Tarutung,” sebut Indra.

Upaya tim gugus tugas selanjutnya adalah melakukan tracing, untuk menggali riwayat kontak atau interaksi dengan kedua orang tersebut.

“Hingga saat ini, telah terkonfirmasi sebanyak 3 orang positif Covid-19 dari Tapanuli Utara. Seorang di antaranya dinyatakan telah sembuh dan kembali ke rumahnya,” katanya.

BACA JUGA:  Sahlul Situmeang: Wali Kota Sibolga Terkesan Tak Serius Tangani COVID-19

Indra menegaskan, tidak ada pelonggaran pengawasan. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Taput akan tetap melakukan pengawasan orang masuk dan keluar, serta pengawasan terhadap kerumunan.

“Bagi mereka yang berasal dari zona merah, kami imbau untuk tidak keluar atau masuk Tapanuli Utara. Mohon kesadarannya, demi keselamatan kita bersama,” tegas Indra.

Dia pun mengajak masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Tapanuli Utara.

Terapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), tetap menjaga jarak, jangan berkerumun dan selalu gunakan masker. Tetap tinggal di rumah, jangan mudik atau pulang kampung.

“Kita berharap, seluruh masyarakat tetap tenang, tidak perlu panik berlebihan, namun tetap selalu waspada. Seluruh komponen harus bersama dan bersatu mengatasi kondisi ini,” Indra menambahkan.

editor: juniwan

Tags
Back to top button
Close