TapanuliZone Featured

Satu Warga Simaremare Kota Sibolga Positif Covid-19

Sibolga | Seorang warga Kelurahan Simaremare, Kecamatan Sibolga Utara, Kota Sibolga dinyatakan positif Covid-19, setelah menjalani Tes Cepat Molekuler (TCM) di RSU Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Rabu (24/6/2020).

Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Sibolga, Edi Polo Sitanggang menjelaskan, pasien berinisial NS, berjenis kelamin perempuan, berumur 67 tahun.

“Pasien NS yang tinggal di Kelurahan Simaremare, Sibolga adalah pensiunan PNS,” ungkap Edi Polo Sitanggang, didampingi tim gugus tugas dalam konferensi pers, di aula Kantor Wali Kota Sibolga, Kamis (25/6/2020).

Disebutkan, pasien memiliki riwayat penyakit jantung, hipertensi dan sesak. Pasien berobat ke IGD RSU FL Tobing, pada pukul 20.50 WIB, Selasa (23/6/2020). Kemudian, dilakukan rapid tes sebanyak dua kali dan hasilnya reaktif.

“Pasien pun dirujuk ke RSU Tarutung, sekira pukul 15.30 WIB, Rabu (24/6/2020). Di sana (RSU Tarutung), pasien menjalani tes cepat molekuler dan hasilnya positif,” ujar Edi Polo.

BACA JUGA:  2 Warga Sibolga Isolasi Mandiri, Jamil Berikan Sembako

Kadis Kesehatan Kota Sibolga, Firmansyah Hulu yang juga koordinator tim gugus tugas menambahkan, pasien tidak memiliki riwayat perjalanan luar daerah. Hanya saja, pada 19 Juni 2020, pasien menikahkan anak di Pargadungan, Tapteng, dan pada saat itu ada keluarga yang hadir dari Rantau Prapat.

Tindakan yang dilakukan tim gugus, melakukan tracing di RSU FL Tobing Sibolga untuk mengetahui tenaga kesehatan yang sudah melakukan kontak dengan pasien.

“Melakukan tracing di lingkungan tempat tinggal pasien, mengisolasi keluarga inti pasien di Wisma Atlet Parombunan, sekaligus dilakukan rapid test,” katanya.

Melakukan penyemprotan disinfektan di rumah pasien, melakukan rapid test terhadap warga yang kontak dengan pasien di lingkungan tempat tinggal pasien.

“Kemudian berkoordinasi dengan Camat, Lurah, Kepling, Babinkamtibmas, Babinsa untuk monitoring dan pengawasan di lingkungan tempat tinggal pasien,” Firmansyah menambahkan.

penulis: putma

editor: juniwan

Tags
Back to top button
Close