Rumahnya Digerebek Polisi, Pria Ini Terkepung dan Lempar Tas

Rumahnya Digerebek Polisi, Pria Ini Terkepung dan Lempar Tas
Tersangka kasus narkoba menjalani proses pemeriksaan di Polres Taput. (istimewa)

Tapanuli Utara | Polisi mengamankan seorang laki-laki berinisial RM (25) dari rumahnya di komplek Stadion Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Senin (15/2/2021).

Kapolres Taput, AKBP Muhammad Saleh dalam keterangan resmi disampaikan Kasubbag Humas, Aiptu W Baringbing menjelaskan, tersangka RM ditangkap sekira pukul 18.00 WIB, setelah polisi mengepung dan menggerebek rumahnya.

Tersangka RM yang saat itu sudah terpojok, rupanya masih berupaya mengelabui petugas. RM melemparkan tas berisi ratusan gram ganja kering siap edar dari lantai dua rumahnya.

“Mungkin tersangka bermaksud menghilangkan barang bukti. Sayang, aksinya ternyata diketahui petugas yang saat itu mengepung rumahnya,” sebut Baringbing kepada wartawan, Selasa (16/2/2021).

Tersangka pun dibekuk petugas, lalu mengambil tas yang dibuang dan membawanya ke unit narkoba untuk pengembangan.

Di lokasi penangkapan, polisi menyita sejumlah barang bukti di antaranya, 1 kaleng Richeese Rolls berisi narkotika jenis ganja, 30 paket ganja dibungkus kertas nasi di dalam kantongan plastik.

“Total ganja yang disita seberat 440,32 gram,” terang Baringbing.

Polisi juga menyita 1 kantongan plastik berisi 10 potongan kertas nasi, 1 hekter, 1 kotak anak hekter, 1 tas ransel dan 1 ponsel merk VIVO.

Kepada polisi, tersangka RM mengakui bahwa ganja kering dalam tas itu adalah miliknya. Tersangka bermaksud mengedarkan barang haram itu kepada konsumennya.

“Saat ini kita masih melakukan pengembangan, dari mana asal ganja yang dimiliki tersangka RM tersebut,” ujarnya.

Akibat perbuatannya, tersangka ditahan di RTP Polres Taput, diduga melapas 114, Ayat 1, Sub 112 Ayat 1, UU 35/2009, tentang penyalahgunaan narkotika dan obat-obat terlarang.

“Tersangka RM diancam hukuman minimal 4 tahun penjara dan maksimal seumur hidup,” Baringbing menambahkan.

Editor: Juniwan