Sumut

Nikson Distribusikan Bansos Sembako Gubsu dan BLT Dana Desa

Tapanuli Utara | Bupati Taput, Nikson Nababan, melaunching Bansos sembako dari Gubernur Sumut, sekaligus bantuan langsung tunai (BLT) dana desa, di halaman SMPN 3 Adiankoting, Desa Banuaji II, Kecamatan Adian Koting, Rabu (20/5/2020).

Bansos dari Gubernur Sumut berupa paket sembako senilai Rp225.000. Sedangkan BLT yang bersumber dari dana desa sebesar Rp600.000.

“Ada 2 opsi yang ditawarkan Gubernur. Pertama, barang dikirim dari Medan, kedua kita yang membeli barang di Tapanuli Utara. Maka saya pilih opsi kedua, karena dengan dana sebesar Rp6 miliar lebih, uang berputar di daerah kita,” ungkap Nikson Nababan.

Nikson menjelaskan, pihaknya pun menunjuk e-warung sebagai penyalur bantuan sosial sembako dari Pemerintah Provinsi Sumut tersebut.

“Saya sudah tegaskan, satu biji beras pun tidak boleh berkurang, bila ada yang mengurangi nilai barang bantuan akan berurusan dengan hukum,” tegas Bupati.

Agar tidak terjadi kerumunan dalam pendistribusiannya, harus dibuat jadwal sesuai daftar penerima, dan ditempelkan di e-warung tersebut. Para tenaga pedamping harus mengkoordinir dengan baik.

Kepala desa harus jujur memberikan data penerima bantuan. Bila ada calon penerima yang tidak layak, silakan diganti dengan yang lebih layak.

“Jangan sampai membuat malu, jaga nama baik Kabupaten Tapanuli Utara, lakukan koordinasi bersama Babinkamtibmas dan Babinsa, agar lebih diakui keabsahannya,” tutur Nikson.

BACA JUGA:  1.985 Sopir dapat Bantuan Sembako dari Bupati Taput

Untuk BLT yang bersumber dari dana desa tidak boleh diterima perangkat desa, badan perwakilan desa (BPD), apalagi kepala desa. Silakan pilih, jabatan atau menerima BLT.

“Kita harus mendahulukan masyarakat yang lebih membutuhkan, kita berikan yang terbaik kepada masyarakat. Tak boleh ada persoalan di Tapanuli Utara,” tegasnya.

Sebelumnya, Kadis Lingkungan Hidup Sumut, Binsar Situmorang mewakili Gubernur berharap, bantuan ini mampu meringankan beban hidup masyarakat.

“Ini merupakan wujud kepedulian gubernur dan wakil gubernur kepada masyarakat Taput. Kami mengapresiasi, kebijakan Bupati Taput mampu membangkitkan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Anggota DPRD Sumut, Tangkas Manippan Lumbantobing juga mengimbau masyarakat untuk mengawal bantuan ini agar tepat sasaran.

“Saya berharap, penyalur sembako tidak mengurangi kualitas dan kwantitasnya. Insan pers juga agar turut mengawal penyaluran bantuan ini,” tukasnya.

Marone Sitompul, mewakili penerima bantuan, menyampaikan terima kasih kepada bupati Taput dan pemerintah provinsi.

“Semoga bantuan ini dapat menyambung hidup kami, dan wabah ini dapat kita lalui dengan sehat,” ujar Marone.

Hadir, Kajari Taput, Tatang Darmi; Dandim 0210/TU, Letkol Agus Widodo, mewakili Kapolres Taput dan pimpinan OPD Taput.

editor: juniwan

Tags
Back to top button
Close