Tak ada Gugatan Pilkada Sibolga ke MK, Jamal: Terima Kasih Warga Sibolga

Tak ada Gugatan Pilkada Sibolga ke MK, Jamal: Terima Kasih Warga Sibolga
Calon Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan berbicara kepada wartawan. (dody)

Sibolga | Calon Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan menyampaikan terima kasih dan penghargaan tertinggi kepada masyarakat yang telah memilih pasangan Jamaluddin Pohan-Pantas Maruba Lumbantobing (JP) dalam Pilkada Sibolga yang digelar serentak, 9 Desember 2020.

Bang Jamal juga berterima kasih kepada KPU Sibolga yang telah menetapkan pasangan JP menjadi pemenang dengan raihan 54% suara, mengungguli dua pasangan calon lainnya.

Ia menjelaskan, bahwa tidak ada gugatan Pilkada Sibolga di Mahkamah Konstitusi (MK). Artinya, ketiga pasangan calon wali kota dan wakil wali kota telah menerima hasil Pilkada Sibolga 2020.

Menurut Bang Jamal, pihaknya sudah bersilaturahmi dengan paslon Bahdin Nur Tanjung-Edi Polo Sitanggang (Abadi) dan Ahmad Sulhan Sitompul-Edward Siahaan (Assed).

“Mereka dengan lapang dada menerima hasil Pilkada Sibolga. Terima kasih, kita akan bersama-sama membangun Kota Sibolga ke depan,” kata Bang Jamal dalam konferensi pers, Sabtu malam (19/12/2020).

Dalam konferensi pers ini, Bang Jamal didampingi calon Wakil Wali Kota, Pantas Maruba Lumbantobing; Ketua Tim Penasihat JP, Bakhtiar Ahmad Sibarani, seluruh tim kampanye dan tim pemenangan.

Bang Jamal juga mengucapkan terima kasih kepada partai politik pendukung, yakni Nasdem, Demokrat, Gerindra, Perindo dan PKS. Juga kepada seluruh tim dan pendukungnya yang telah bekerja keras.

“Terkhusus kepada ketua penasihat tim kampanye, Bapak Bakhtiar Ahmad Sibarani yang secara totalitas mendukung pasangan JP,” tuturnya.
 
Pada kesempatan yang sama, Ketua Partai Nasdem Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani berucap syukur, pelaksanaan Pilkada Sibolga telah berjalan aman, tertib dan lancar.

“Terima kasih kepada penyelenggara Pilkada, KPU, Bawaslu, dan TNI-Polri. Juga kepada gabungan partai politik pengusung JP,” kata Bakhtiar.

Sampai sekarang, tidak ada paslon lain yang mengadukan Pilkada Sibolga ke Mahkamah Konstitusi (MK), karena memang niatnya sama-sama ingin membangun Kota Sibolga.

Tujuan pilkada itu bukan sekadar menang atau kalah, tetapi tujuannya untuk membangun daerah dan menyejahterakan masyarakatnya.

“Kami bangga kepada paslon Abadi dan Assed. Kami mengucapkan terima kasih. Mari sama-sama kita membangun dan menuangkan ide dalam rangka percepatan pembangunan Kota Sibolga,” ujarnya.

Sebelumnya, KPU Sibolga telah menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat Kota Sibolga dalam Pilkada Sibolga 2020, di Aula Topaz Hotel Wisata Indah Sibolga, Selasa (15/12/2020).

KPU mencatatkan 51.826 suara sah, dari total 64.329 pemilih pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Sibolga 2020.

Pasangan nomor urut 1, Jamaluddin Pohan-Pantas Maruba Lumbantobing (JP) meraih suara terbanyak dengan total perolehan 27.494 suara.

Disusul pasangan nomor urut 2, Bahdin Nur Tanjung-Edi Polo Sitanggang (Abadi) yang memperoleh 13.848 suara.

Sedangkan pasangan nomor urut 3, Ahmad Sulhan Sitompul-Edward Siahaan (Assed) meraih 9.985 suara.

Ketua KPU Sibolga, Khalid Walid memberikan waktu kepada paslon yang ingin menyampaikan gugatan sengketa Pilkada ke Mahkamah Konstitusi (MK), selama 3 kali 24 jam sejak hasil Pilkada Sibolga diputuskan oleh KPU Sibolga.

editor: juniwan