Tinjau Pertanian Warganya, Bupati Bawa Bantuan Traktor

Tinjau Pertanian Warganya, Bupati Bawa Bantuan Traktor
Bupati Taput, Nikson Nababan menyerahkan bantuan traktor. (istimewa)

Tapanuli Utara | Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan, bersama pimpinan OPD meninjau lokasi pertanian masyarakat seluas 27 hektar di Desa Parbaju Tonga, Kecamatan Tarutung, Senin (21/9/2020).

Tidak tanggung-tanggung, orang nomor satu di Taput itu langsung membawa bantuan satu unit traktor. Melihat kesungguhan kelompok tani tersebut, Nikson pun ikut menanam jagung menggunakan alat mesin.

“Saya semangat melihat masyarakat giat bertani seperti ini. Makanya saya langsung turunkan alat berat ini dan berharap bisa digunakan untuk kemajuan kelompok tani,” kata Nikson.

Bupati juga mempersilakan kepada masyarakat petani yang butuh bantuan pemerintah untuk menyampaikannya lewat Dinas Pertanian Taput.

“Apa lagi yang bisa dibantu pemerintah? Sampaikan lewat dinas pertanian,” ujar dia.

Diketahui, lahan pertanian tersebut adalah milik Dinas Perkebunan Pemprovsu yang berlokasi di Desa Parbaju Tona, Dusun Tiga Siarangarang.

Luas lahannya lebih kurang 27 hektar dikelola Poktan Ringgasma Hita yang beranggotakan 22 orang. Lahan yang dikelola poktan ini baru mencapai 10 hektar.

Di atas lahan tersebut, Poktan Ringgasma Hita telah berhasil membudidayakan komoditas di antaranya, jagung, bawang merah, tomat, kubis, kopi, dan cabai merah.

Produksi jagungnya 6-7 ton per tahun, bawang merah 4 ton, kubis 60-70 ton, tomat 60-70 ton, dan kopi 250 kilogram per tahun.

Editor: Juniwan