TNI

Menyemai Bibit Padi Inpari49 di Pagaran

Padang Lawas | Babinsa Koramil 08/Barumun, Serma HP Siregar, senantiasa serius mendampingi petani dan kelompok tani yang ada di daerah binaannya. Pendampingan dilakukan mulai dari peningkatan luas tanaman padi, memberi bantuan kepada kelompok tani sampai panen tiba.

Hal ini, untuk mendukung program ketahanan pangan nasional mewujudkan Indonesia swasembada pangan. Babinsa bersama PPL juga selalu memberikan semangat ke petani untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

Serma HP Siregar menjelaskan, pihaknya bersama PPL baru saja membantu petani menyemaikan bibit padi varietas Inpari40 padi lahan tadah hujan di Desa Pagaran Jalu-Jalu, Kecamatan Lubuk Barumun, Kabupaten Padang Lawas (Palas), Jumat (1/3/2019).

Benih padi yang disemai merupakan varietas unggul dan harus selalu diikuti perkembangannya. Petani sudah mendapatkan penyuluhan dari petugas PPL dan Babinsa sebagai pendamping pertanian.

“Seperti aturan media penyemaian padi yang harus benar-benar terjaga dari hama ataupun gulma pengganggu tanaman untuk mendapatkan kualitas benih yang baik,” ujarnya.

Kepala Cabang Dinas Pertanian Nisma Warni Aritonang menambahkan, penanaman bibit padi lebih baik usia muda berumur 15-20 hari. Hal ini untuk menghindari stres yang berkepanjangan pada tanaman.

Ketua Poktan Saba Pulo, M Soleh, menyampaikan terima kasih kepada Babinsa dan juga PPL yang terus mendampingi mereka.

(penrem023)

Back to top button
Close