Trik Menghilangkan Ngantuk, Nggak Perlu Kopi

Trik Menghilangkan Ngantuk, Nggak Perlu Kopi
foto source: suara.com

Tapanuli Today | Kopi terkenal sebagai minuman untuk menghilangkan ngantuk. Sayangnya, tidak semua orang bisa dan suka minum kopi. Jika Anda salah satu orang yang tak suka kopi, cara menghilangkan ngantuk berikut ini patut dicoba.

Gerakkan Badan

Melansir dari Healthline, menggerakkan badan adalah salah satu cara untuk meningkatkan energi. Anda bisa rutin olahraga sebelum berangkat kerja, berjalan kaki menuju kantor, atau naik sepeda ke sekolah.

Cara menghilangkan ngantuk tersebut juga bermanfaat untuk meredakan stres. Bagi pelajar, rajin menggerakkan badan akan meningkatkan kemampuan mengingat materi yang sedang dipelajari.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2018 menunjukkan, 10 menit berjalan di luar ruangan mampu meningkatkan performa siswa. Cara menghilangkan ngantuk bisa Anda lakukan dengan istirahat sebentar (berjalan, peregangan, jumping jack) setelah 30 hingga 50 menit berkonsentrasi.

Jangan Sampai Dehidrasi

Cara menghilangkan ngantuk selanjutnya adalah dengan membuat tubuh terhidrasi dengan baik. Dehidrasi membuat fungsi kognitif terganggu sehingga belajar atau bekerja menjadi lebih sulit dilakukan.

Setiap orang memiliki kebutuhan cairan yang berbeda. Healthline mengatakan bahwa umumnya setiap orang membutuhkan sekitar 1.5 L setiap hari. Cara menghilangkan ngantuk bisa Anda lakukan dengan mencukupi kebutuhan cairan Anda.

Perhatikan Konsumsi Makanan

Jumlah dan jenis makanan yang Anda konsumsi akan mempengaruhi energi dalam tubuh. Makanan manis dan junk food membuat lonjakan gula darah sehingga Anda menjadi malas. Di sisi lain, jika Anda lupa makan atau terlalu banyak makan, Anda akan kesulitan berkonsentrasi.

Cara menghilangkan ngantuk bisa dengan menghindari jenis makanan seperti itu. Healthline menyarankan agar memenuhi protein, karbo, dan lemak sehat di setiap makanan yang dikonsumsi. Anda bisa makan telur, buah, sayur, atau alpukat.

Tidur Cukup

Tidur memegang peranan penting dalam menjaga mood atau perasaan, motivasi, dan memori. Cara menghilangkan ngantuk di siang hari adalah dengan mencukupi waktu tidur di malam hari. Cukup tidur juga terbukti mampu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Jauhi Tempat Tidur

Salah satu dampak pandemi Virus Corona adalah kegiatan kantor dan sekolah yang dialihkan ke rumah. Cara menghilangkan ngantuk bisa dilakukan dengan menghindari tempat tidur agar kegiatan Anda tetap berjalan lancar.

source: kontan.co.id